Peluang usaha

Just another WordPress.com weblog

Tips Memulai Usaha Makanan

Dalam memulai usaha makanan tidak selalu faktor kelezatan yang menjadi andalan. Handal dalam membuat makanan dan paham cara mengelola usaha makanan adalah dua hal yang berbeda. Jika Anda sudah handal dalam memproduksi masakan ataupun makanan ringan, maka Anda harus tau caranya untuk mengelola dan memulai bisnis Anda. Berikut ini ada beberapa tips dan trik dalam memulai usaha di bidang makanan:

1. Selalu melakukan pembaharuan dari masakan buatan Anda.
Anda dapat melakukan riset terhadap produk makanan yang Anda produksi dengan cara membagikan sample makanan kepada rekan-rekan Anda dan teman terdekat, agar kita tahu kekurangan dari produk makanan yang kita produksi, baik dari segi cita rasa maupun cara penyajiannya. Lalu lakukan perbaikan sesuai dengan permintaan konsumen.

2. Rencanakan outlet untuk berjualan
Pikirkan secara matang apakah Anda ingin membuat toko sendiri atau bekerjasama dengan pihak lain? Misalnya jika bisnis yang Anda geluti adalah usaha kue pengantin, maka Anda dapat bekerjasama dengan pihak wedding organizer. Atau cara lain misalnya dengan bekerjasama dengan pihak kantin untuk menyuplai makanan yang Anda produksi. Untuk hal ini Anda harus memperhatikan biaya transportasi dan system pengantarannya.

3. Rencanakan teknologi yang akan digunakan.
Apakah produk anda memerlukan ruangan khusus untuk mempersiapkannya? Apakah perlu membeli peralatan khusus untuk menyimpan bahan baku? Dan lain sebagainya.
Jika Anda baru memulai usaha makanan sebaiknya Anda mengurangi pengeluaran untuk investasi teknologi produksi. Awalnya untuk memperoleh bahan baku Anda dapat meminta suplai dan bekerjasama dengan orang lain.
Hal ini dilakukan agar tidak terlalu berat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha. Namun setelah Anda memiliki pelanggan tetap, Anda dapat membeli peralatan produksi tersebut. Selain itu tidak ada salahnya jika Anda menguji produk buatan Anda kepada pihak yang berpengalaman agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan di kemudian hari.

4. Kemasan yang menarik
Kemasan yang Anda desain untuk menjual produk Anda dapat menentukan image dari produk Anda itu. Desain yang menarik dan kreatif adalah salah satu strategi pemasaran agar produk Anda diminati oleh banyak orang.

5. Jangan takut
Lawan semua pikiran negative yang hinggap dalam benak Anda. Jauhkan pikiran takut tidak laku, takut banyak kritikan atas produk Anda. Hal yang terpenting dalam memulai suatu usaha adalah keberanian dalam mengambil keputusan. Untuk itulah Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum Anda memulai suatu usaha. Ingatlah bahwa keberhasilan hanya didapat melalui proses dan penuh hambatan.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Mei 6, 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: