Peluang usaha

Just another WordPress.com weblog

Hobby menulis menjadi bisnis

Saat ini banyak sekali novel yang terbit seiring dengan bermunculannya penulis muda yang kreatif dan imajinatif, jika kita lihat hal ini tentunya merupakan sebuah peluang bisnis. “Remaja membutuhkan bacaan yang ringan-ringan. Selain menyalurkan hobi juga menjadi peluang bisnis,” kata novelis remaja Sitta Karina Rachmidiharja di Jakarta.

Dahulu sedikit sekali novel yang diterbitkan, hanya ada karya tulis yang bersifat sastra. Kalaupun ada mungkin dapat dihitung dengan jari, contohnya novel lupus. Setelah era lupus berakhir sepertinya jejaring terputus. Sehingga dibutuhkan karya sastra untuk memenuhi kebutuhan remaja.

Di era ini, terlihat semakin banyaknya novel yang terbit dari penulis debutan dan dikeluarkan oleh penerbit yang baru tumbuh. Meskipun ketat, perbandingannya masih jauh dengan jumlah remaja sekarang. Melihat fenomena ini maka terbuka luaslah peluang membuat novel bagi siapa saja yang hobi menulis. Dengan kata lain kita dapat mengoptimalkan seluruh potensi bagi para remaja untuk turut serta berapresiasi dalam membuat suatu karya sastra.

Tidak begitu banyak kendala dalam membuat suatu karya sastra, hanya saja terbentur masalah ide. Sehingga karya sastra yang ditulis tidak dapat mewakili remaja secara keseluruhan. Seharusnya kita lebih terbuka terhadap tren dan kebutuhan pembaca. Terlebih lagi ketika kita diberikan tawaran oleh penerbit. Tidak hanya kemampuan sang penulis tapi dibutuhkan juga kemampuan menjual saat dipasarkan. Membuat novel tidak hanya sekadar menyalurkan hobi namun juga sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis dengan prospek yang bagus.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

April 17, 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: