Peluang usaha

Just another WordPress.com weblog

Kampung Ampel Pusat Aktifitas Bisnis

Kampung ampel sebagai ikon kota Surabaya tidak hanya ramai dikunjungi para peziarah yang ingin berziarah ke makam sunan ampel saja, tetapi juga ramai dengan aktifitas bisnis yang menjual berbagai macam souvenir seperti tasbih, gelang, minyak wangi, air zam-zam, kurma, dsb. Pasar kampung ampel merupakan pasar tertua di kota Surabaya. Diperkirakan sejak tahun 1420 pasar ampel sudah memulai kegiatan jual beli.

Dilihat dari penampilanya pasar dalam kondisi yang baik, dengan atap yang terbuat dari bahan fiber. Namun kondisi sirkulasi udara kurang tertata dengan baik sehingga para pengunjung yang datang seringkali merasa kegerahan. Kampung ampel yang dalam bahasa jawa ampyal yang berarti bambu kuning dahulu merupakan hutan. Lalu pada tahun 1420 raden rahmat menjadikan ampel sebagai pusat penyebaran islam di kota Surabaya atas ijin dari majapahit. Kampung ampel juga identik dengan perkampungan arab. Banyak komunitas arab yang berasal dari yaman bermukin di sana.

Para imigran asal yaman yang di kenal sebagai saudagar secara turun temurun bermukim di kampung ampel. Mereka rata-rata bermatapencaharian sebagai pedagang. Ada yang berjualan kain kiloan sampai membuka bisnis pabrik sarung.

Komunitas kampung arab di sana sudah menjadi bagian dari bangsa ini karena lahir dan dibesarkan di kampung itu. Percampuran budaya antara komunitas arab dan bangsa ini menambah khasanah budaya di Indonesia dengan hadirnya wisata kuliner (nasi kebuli, roti maryam, dan kebab) dan pergelaran kesenian (gambus dan hajir marawis).Tentu saja dengan adanya wisata kuliner khas perkampungan arab ini dapat mengangkat potensi ekonomi bangsa kita khususnya dalam bidang kuliner.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Maret 28, 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: