Peluang usaha

Just another WordPress.com weblog

Mengenali Potensi Diri Berdasarkan Kepribadian

Menjadi individu yang sukses dan berhasil adalah impian semua orang. Kita harus dapat memotivasi diri kita untuk tetap semangat dalam mencapai sukses. Akan tetapi peluang untuk menjadi sukses akan sempit jika kita tidak mengenali potensi yang ada dalam diri kita. Usaha apapun jika kita berangkat dari ketidak tahuan maka hasil yang didapat pun tidak akan optimal.

Berbeda dengan individu yang sudah mengenali potensi dirinya dengan baik. Sering kali kita mendengar kisah orang-orang yang sukses dalam hidup karena ia mengenali dengan baik potensi yang ada dalam dirinya. Misalnya, seorang dengan usaha yang minimalis dapat meraih kesuksesan dalam bisnisnya atau pekerjaannya dengan waktu yang singkat. Secara umum dan singkat tipe kepribadian manusia menurut Psikolog dari Amerika yang terkenal dengan JL Holland dapat dibedakan dengan 6 macam, yaitu :

1. Tipe Kepribadian Konvensional
Ciri ciri dari kepribadian konvensional ialah selalu hati-hati, mengikuti arus, metodis, efisien, cermat, tidak fleksibel, pemalu, tidak mau menonjolkan diri, patuh, teratur , tekun, praktis, cermat, sopan, tidak suka berimajinasi. Pekerjaan yang cocok untuk tipe konvensional sebagai resepsionis, sekretaris, klerek, operator komputer dan akuntan.

2. Tipe Kepribadian Sosial
Ciri-ciri kepribadian konvensional adalah: menyukai orang, supel dalam pergaulan, ramah, dermawan, suka menolong, baik hati, rasa empati yang dominan, persuasif, sabar, menyukai team work, bertanggungjawab dan bijaksana. Pekerjaan yang cocok untuk tipe sosial sebagai Guru, ibu rumah tangga, konsultan manajemen

3. Tipe Kepribadian Investigative
Ciri-ciri Kepribadian investigative adalah rasional, analitis, rumit, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, teliti, sering menyendiri, instrospektif, pemalu, hati-hati dalam bertindak, tidak terburu-buru, tidak terbawa emosi, tidak terlalu disukai orang. Pekerjaan yang cocok untuk tipe Investigative sebagai ilmuwan, dokter, penerjemah, surveyor, peneliti, dosen

4. Tipe Kepribadian Artisitik
Ciri-ciri Tipe Kepribadian artisitik adalah penampilan berantakan, emosional, impulsivetidak praktis, mandiri, instrospektif, imajinatif, orisional, kreatif, intuitif, peka, terbuka, disukai banyak orang. Pekerjaan yang cocok untuk tipe artistik sebagai penulis, musisi, jurnalis, seniman, disainer, actor, kritikus seni.

5. Tipe Kepribadian Realistis
Ciri-ciri kepribadian realistis adalah tidak suka omong kosong, tidak suka mengumbar janji atau kata-kata , keras kepala, materialistis, praktis, jauh dari pergaulan, sedikit bergaul, natural dalam berbuat, berterus terang, ikut arus, fleksibel, tekun dan cermat. Pekerjaan yang cocok untuk tipe realistik sebagai sopir, pilot, mekanik, juru masak, petani.

6. Tipe Kepribadian Pengusaha
Ciri-ciri tipe kepribadian pengusaha adalah gigih, memiliki ambisi yag kuat, menyenangkan, mendominasi, suka bertualang, suka bereksperimen, terkadang bertindak berlebihan, suka berbicara, memiliki rasa percaya diri, optimis, siap mencoba apapun. Pekerjaan yang cocok untuk tipe pengusaha sebagai penjual, eksekutif, manajer, wiraswasta.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

Maret 26, 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: