Peluang usaha

Just another WordPress.com weblog

Usaha Perikanan Sangatlah Menguntungkan

Bidang perikanan merupakan bidang yang tidak boleh di pandang sebelah mata, bidang perikanan ini terbukti memberikan peluang usaha yang cukup besar bagi masyarakat yang ingin bergelut dalam bisnis ini, setidaknya itu yang dialami oleh KPI Mina kepis. Organisasi ini berdiri pada tahun 1983 dengan nama taruna tani Burikan. Organisasi ini merupakan organisasi yang menghimpun dan mempunyai beberapa seksi kegiatan salah satunya wiraswata yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.
Seiring berjalannya waktu divisi perikanan ternyata mampu memberikan suatu kemajuan dan pemasukan yang cukup besar yang membawa pada sebuah keuntungan tersendiri sehingga kelompok ini bersepakat dan berfokus untuk terus mengembangkan bisnisnya pada perikanan. Setelah melewati beberapa fase maka terbentuklah KPI Mina Kepis. Kami dan berhasil menemui pak Marjono salah seorang pengurus sekaligus pengusaha pembibitan ikan air tawar. Dari pak Marjono kami meminta pendapat yang bisa menggali seluk beluk bisnis pembibitan perikanan air tawar.

Produk yang dihasilkan antara lain jenis ikan hias dan ikan konsumsi. Untuk ikan hias dalam 1 siklus panen (pemijahan – siap jual), ikan koi mencapai 5000 ekor / musim dan jenis ikan komed 3000 ekor / musim. Untuk ikan konsumsi, setiap musim panen jenis graskap mencapai 5000 ekor, bawal 5000, ekor nila 2000 ekor, gurami 1500 ekor dan emas1000 ekor.KPI Mina Kepis lebih fokus pada pembibitan, tahap awal dalam sebuah pembibitan adalah proses seleksi induk yang siap kawin. Kemudian setelah mendapatkan hasil seleksi tersebut, induk hasil seleksi dipisahkan di tempat khusus yang telah diberi media temapt bertelur. Setelah bertelur induk diangkat dan di pisahkan kembali, kemudian telur akan menetas dalam waktu 1 minggu.

Setelah berumur cukup dewasa berkisar antara 20 hari – 1 bulan, burayak atau bibit ikan tersebut dipindahkan ke kolam tanah yang telah disiapkan beserta pakan alaminya. Untuk kolam ukuran 5x 10 meter butuh 5 karung pakan dengan harga 8-10 ribu/ karung.Setelah bibit seukuran 1 kuku, bibit diberi pakan pelet dengan teratur sampai siap panen dibutuhkan 3-5 karung ukuran 30 kg dengan harga 200 ribu tiap karung. Waktu yang diperlukan dari proses bertelur sampai siap jual (ukuran 2-3 jari) cukup lumayan lama sekitar 3 bulan.

Keunggulan dari pembibitan antara lain jenis ikan variatif, sehingga menarik minat konsumen untuk dapat memilih berbagai jenis ikan, memiliki tempat yang strategis,yang mudah di kunjungi atau terlihat oleh orang atau konsumen yang ingin membeli ikan, serta memeiliki kualitas yang baik dan terjaga, sehingga konsumen selalu merasa puas dan selalu kembali kepada kita apabila konsumen tersebut ingin membeli lagi.

Ingin tambah sukses ?? Ayo gabung peluang usaha warnet, balik modal dalam satu tahun, garansi modal kembali !!!

About these ads

Maret 4, 2009 - Posted by | Uncategorized | , , , , , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: